Search This Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Categories

Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

About Me

Featured

Jumat, 21 Oktober 2016

Backpacker: Jejak Bung Karno di Kabupaten Ende





BACKPACKER
JUMAT, 21 OKTOBER 2016


Kali ini Bakcpacker mengajak Gomezoner berwisata sejarah ke Kabupaten Ende; Jejak Bung Karno di Kabupaten Ende.

Bung Karno (Ir. Soekarno), Presiden pertama Republik Indonesia sekaligus salah seorang Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, pernah diasingkan ke Kota Ende pada tahun 1934 sampai dengan 1938.Selama berada di Ende, Bung Karno dan keluarganya menempati sebuah rumah milik Abdullah Ambuwaru yang terletak di Jalan Perwira. Dulunya rumah tersebut beratap ilalang namun sekarang telah direnovasi; berdinding tembok, beratap seng, dengan pagar di sekelilingnya. Selama berada di Kota Ende Bung Karno berinteraksi dengan penduduk setempat seperti tokoh masyarakat, kaum muda, dan yang juga memegang peranan penting adalah dengan para Pastur asal Belanda yang bertugas di Kota Ende (dan meminjam buku-buku dari perpustakaan mereka).

Beberapa lokasi yang menjadi jejak Bung Karno di Ende:

Situs Bung Karno
Rumah bekas tinggal Bung Karno sekeluarga di Ende ini telah menjadi situs yang ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Di situs ini pengunjung dapat melihat barang-barang yang dulu dipergunakan oleh Bung Karno sekeluarga seperti piring makan, seterika, sarung, tempat tidur, bahkan sumur yang konon airnya sangat mujarab jika dipakai untuk membasuh wajah.

Taman Renungan Bung Karno
Di Jalan Soekarno ada sebuah taman yang digunakan Bung Karno untuk merenung, setiap usai Shalat Subuh. Berdiri sebuah pohon sukun bercabang lima (meskipun pernah tumbang dan ditanam kembali dengan anakan yang baru, pohon sukun yang baru ini pun tumbuh dengan cabang lima pula). Pohon bercabang lima ini menjadi embrio dari Pancasila. 

Gedung Imaculata
Selama diasingkan di Kota Ende, bersama anak-anak muda Ende Bung Karno mementaskan tonil (naskah drama) yang ditulisnya sendiri. Oleh Baim Wong (berperan sebagai Bung Karno dalam film Ketika Bung di Ende) Gedung Imaculata dipakai untuk adegan salah satu tonil karya Bung Karno.

Dan masih banyak lagi jejak Bung Karno di Kabupaten Ende yang dibahas dalam program Backpacker. 


Partners:




Backpacker merupakan program radio online Gomezone FM yang didengarkan live streaming melalui http://gomezonefm.airtime.pro setiap Jum'at pukul 19.30 sampai dengan 21.30 Waktu Indonesia Bagian Tengah.

Cheers!

0 komentar :

Posting Komentar

Follow us

Facebook

Categories

Ad Home

LightBlog

Random Posts

Recent Posts

Header Ads

ad

Beauty

Hello! We’re Fenix Creative Photo Studio

Popular Posts

About Us

Radio Gomezone FM dengan tagline "News and Music" adalah radio independen yang berbasis di Kota Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dengarkan kami untuk ragam informasi dan musik pilihan karena inilah cara beda dengerin radio favorit kamu.

CP 085239014948 (Tuteh).

Arsip Blog

Label

Videos

Live Streaming

Stats